Sabtu, 30 Maret 2019

Tanah longsor dan penanggulangannnya

Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. Proses terjadinya tanah longsor dapat diterangkan sebagai berikut. Air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah.

Tanah longsor adalah peristiwa terjadinya pergerakan tanah, seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah yang bergerak menuju tampat yang lebih rendah.  Tanah longsor umumnya terjadi pada dataran tinggi atau pegunungan. Namun, tidak menutup kemungkinan tanah longsor terjadi pada dataran yang relatif rendah.

Tanah longsor tidak terjadi begitu saja, melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pertama, adanya hujan yang sangat lebat dalam waktu yang cukup lama. Hal ini terjadi karena sebelumnya terjadi musim kemarau yang akan mengakibatkan air di permukaan tanah menguap dalam jumlah yang besar. Penguapan ini kemudian akan menyebabkan munculnya pori- pori tanah dan juga retakan- retakan. 

Kedua, struktur tanah yang kurang padat dan juga kurang tebal. Struktur tanah ternyata juga mempengaruhi terjadinya tanah longsor. Struktur tanah yang kurang padat dan juga kurang tebal akan menyebabkan potensi terjadinya tanah longsor.

Ketiga, penebangan liar yang dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggungjawab. Hutan dapat berfungsi untuk menyerap dan menahan air hujan yang turun atau genangan air yang terjadi dalam jumlah yang besar. Jika hutan tersebut ditebang atau digunduli, maka tidak ada yang menyerap air hujan dan genangan air hujan. 

Upaya Pencegahan Tanah Longsor

Tanah longsor dapat dicegah apabila kita melakukan beberapa upaya diantaranya sebagai berikut:

1.Tidak membuat sawah di lereng

2.Tidak mendirikan bangunan di tebing

3.Tidak menebang pohon di lereng

4.Tidak memotong tebing secara tegak lurus

5.Tidak mendirikan bangunan di sekitar sungai

6.Melakukan upaya preventif

7.Membuat terasering

8.Melakukan penyuluhan kepada masyarakat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar